Blog Utama

Contact: Mak Iyen, di: Mak-Iyen.blogspot.com
"Bagian Seni dari Jual Beli adalah Tawar Menawar... Jika Anda Punya waktu Luang, dan benar2 ingin dapatkan harga Terbaik, jangan sungkan Menawar Bebas.....:). Salam dari Mak...." 0877 8891 8080

Minggu, 05 Agustus 2012

Meiji Japan c1920 - Schoolhouse (Regulator) Clock

Jam yg sering disebut jam regulator....secara spesifik masuk kategori Schoolhouse, alias jam sekolah.  Mungkin dulu memang dirancang untuk dipasang di sekolah2 ya....walau juga banyak yang pasang di stasiun2 kereta dan sarana2 publik lainnya.  Sekarang pada kemana saja jam model begini?  Yang jelas model ini karena unik bentuknya, masih banyak diproduksi...tapi tentu saja versi batre ya...:)

Perusahaan jam Meiji terletakdi Nagoya, Jepang.  Sudah mulai membuat jam sejak tahun 1895.  Bersama rekan Jepang lain "Seikosha" (cikal bakal perusahaan jam Seiko), Meiji bekerja sama dengan perusahaan jam Amerika "Ansonia" untuk membuat jenis2 mesin/movements jam Ansonia yang ber'nuansa' oriental.
Salah satu akibat kerjasama ini, baik Seikosha dan Meiji banyak membuat jam yg berdasarkan desain Amerika, salah satunya jenis "Schoolhouse" ini. 
Sumber:
Ukuran sedang, tinggi sekitar 57.5cm saja....membuatnya mudah diletakkan di mana saja...:)

Biarpun huruf "C" lebih mirip logo tahun 1908, menurut konsensus... logo pada jam ini buatan tahun 1921....sebelum tahun 1930 .   Sumber:
 

Ada yg unik dari movements/mesin untuk jenis jam di atas.  Biarpun 2 lubang, jam sejenis hanya berbunyi pada setiap jam.......(jadi tidak bunyi pada setengah jam-an).  Satu kali putaran, jam akan berjalan selama sekitar 8 hari.
Ada 2 pintu, bagian atas untuk memutar/menyesuaikan jam....pintu ada kunci/palang kayu di bagian samping (foto terakhir).  Pintu bagian bawah untuk'mengintip' bandul dan menyimpan kunci.
All original.  Kondisi plat kurang baik, tapi masih cukup terselamatkan. Tambahan ornamen 'daun2an'pada bandul sudah lenyap...tidak sengaja oleh pemilik sebelumnya...hehe...  Menurut mak sih...secara keseluruhan jam masih cukup selamat...box dan ornamen pada box utuh.  Kaca?  tidak pasti karena tidak semua jam tua kaca aslinya cembung/bevel.
Kategori antik, sebentar lagi umurnya 100 tahun. Cantik lagi!
Dapat dari teman Bandung....terima kasih.