Blog Utama

Contact: Mak Iyen, di: Mak-Iyen.blogspot.com
"Bagian Seni dari Jual Beli adalah Tawar Menawar... Jika Anda Punya waktu Luang, dan benar2 ingin dapatkan harga Terbaik, jangan sungkan Menawar Bebas.....:). Salam dari Mak...."

Senin, 27 Oktober 2014

Jam Meja Belanda "WUBA" by J.A.Warmink "John Thomas of London" - 2 lubang - Oak/Eken T27cm 1950an

Jam meja yang tidak besar sebenarnya...tapi di antara macam2 jenis jam peninggalan Wuba, Warmink, jam ini paling populer. 

Contoh suara 1:

Contoh Suara 2:

Pada balik tutup belang mesin ada tulisan "Wuba" dan JAW.  JAW adalah singkatan inisial dari pemilik pabrik jam merek Wuba - John A. Warmink.  Kegiatan John Warmink membuat jam, konon sudah dimulai sebelum abad ke 20. John Warmink mendirikan perusahaan pembuat jam merek WUBA pada tahun 1929.....dan berhenti/tutup tahun 1970. (Sumber:http://mb.nawcc.org/showthread.php?68255-Looking-for-Warmink-History ). Setelah menjalankan tradisi keluarga pembuat jam khas Belanda selama 75 tahun, pada akhirnya pabriknya ditutup, dan stok jam2nya dijual2in. ...jadi mungkin pas tahun 1970an harganya masih 'murah' ya..paling ga dibanding sekarang...:)

Keluarga Warmink tekun me-repro alias membuat ulang jam2 antik Belanda yg sudah ada sejak abad ke 17.  Melestarikan model2 khas Belanda di tengah macam2 produksi dari negara2 lain.  Jam antik Belanda memang mempunyai karakteristik yg unik...dan banyak yang cantik2... Ada beberapa produsen lain yang juga mengeluarkan beberapa edisi 'Belandanya', a.l. Tempus Fugit, Hermle, bahkan Kieninger, dll.

Pada plat jam, biasanya ada tertulis suatu nama.  Yang biasanya dipakai "Warmink", "John Warmink" untuk jam yang dijual langsung oleh perusahaan nya John Warmink.  Marka bisa juga nama2 lain yang merupakan rekanan...semisal rekanan di Inggris "John Smith of London" dan...."John Thomas of London".  Rekanan juga merupakan pembuat jam ternama dari negaranya...jadi jam Warmink juga dipasarkan untuk negara/customer tertentu dengan menggunakan marka selain Warmink pada platnya.
Jam yang semakin langka, atau semakin mahal harganya...

Harga 8.5 juta rupiah.

WUBA by J.A.Warmink - Dutch Stoelklok T60cm - Lukis Ke-emasan gaya Art Nouveau - 1960an.

Stoelklok model lukisan keemasan yang elegan.  Bentuknya simple, ukuran juga tidak besar (tinggi maks sekitar 56-57cm di luar hiasan kuningan di mahkotanya...).  Tapi bobot cukup berat karena bagian belakang/tatakan berbahan kayu solid. 
Foto Atas: Kaca samping yang khas dengan guratan2...dan bewarna kekuningan....seperti pada Jam "Dutch Sallander".
Foto atas: Body utama satu papan kayu utuh, tebal, dari atas ke bawah.
Foto Bawah kanan: ada sebagian atas belakang yang lapisannya terkikis..., bisa dengan mudah direpair, karna tidak coak/cuil dalam.
 Contoh Suara:

Ada kekurangan pada bodynya (bagian atas/belakang, lihat gambar ya...) yang tidak terlihat saat dipasang di dinding.

Tetap pada disiplin aliran melestarikan jam2 tua Belanda, kali ini John A Warmink (JAW) membuat sebuah jam yang dari dekorasi/lukisannya, mengikuti motif era Art Nouveau.

Stoelklok di negara2 lain umumnya disebut sebagai jam bracket (jam yang diletakkan di dinding) dengan suatu alas   Beda dengan bracket clock umumnya (jam dan alas terpisah, contoh di blog Mak: jam Bucherer), stoelklok Belanda, bagian box jam dan penadahnya bersatu, hanya dibuat 'seolah2' pisah.  Memang begitu gayanya...:)

Yang paling Mak suka dari jam ini selain bodynya yang solid dan melengkung indah, variasi motif, jarum/plat, dll hiasan kuningannya pas aja...serasi...  motif kayunya bagus sekali.

All Original.  Harga 5.5 juta rupiah.

Jumat, 17 Oktober 2014

Kieninger Wall/Table Clock - Pendulum Clock

Bisa Jam Meja, bisa jam Dinding...  Bentuknya indah, kualitas top...:)
 Contoh suara:

Pergerakan mesinnya:

Simpel ya bentuknya... Tapi model seperti ini dikeluarkan Kieninger sangaaat... jarang, biasanya Mauthe atau Junghans.  Biarpun casing pendek, tapi jam ini jalan dengan pendulum, bukan balancer... lebih jarang lagi.
Bagi yang pengen jam Merek Kieninger, tapi ga suka model yang heboh2...jam ini cocok masuk KolPri Mak dulu....:)

Selasa, 14 Oktober 2014

Travel Alarm "Junghans" box kulit cream.

Ukuran box lumayan...panjang 9cm x lebar 8cm.
 Kondisi Original, lengkap dan cukup terawat.  Masih sangat sehat jalannya.  Harga 750 ribu rupiah.

Jam Weker Jaz, Perancis

Ukuran serupa dengan weker Mauthe tua plat kertas...diameter sekitar 10cm.
Dapat weker Prancis bikin Mak seneng....soalnya kan jam2 Prancis terkenal kualitas bahan, pembuatan dan teknologinya... Japy Freres dan Jaz merupakan 2 produsen jam Prancis paling terkenal. Pd tahun 1940an, Jaz malah lbh terkenal drpd Japy...:)
Meskipun sudah mulak berproduksi sejak akhir tahun 1800an, merek Jaz baru mulai terdaftar sejak tahun 1919... Produk di atas, dari logonya...merupakan buatan tahun 1942-1967...
Weker langka yang masih sangat sehat...  Harga 750 ribu rupiah.