Blog Utama

Contact: Mak Iyen, di: Mak-Iyen.blogspot.com
"Bagian Seni dari Jual Beli adalah Tawar Menawar... Jika Anda Punya waktu Luang, dan benar2 ingin dapatkan harga Terbaik, jangan sungkan Menawar Bebas.....:). Salam dari Mak...." 0877 8891 8080

Kamis, 20 Desember 2012

SOLD - ELKA - FHS Balancer - Jam Gantung 3 Senar

Jam model gantung begini dapatnya susah2....susah...hehe... karena paling praktis, dan manis menggantung di bagian dinding mana pun.
Jam berikut, mesin merupakan parikan FHS untuk salah satu Toko Perhiasan terkemuka "ELKA".
Elka Watch & Clock Co. didirikan tahun 1877 di Groningen, Belanda.  Banyak keterangan, tapi hampir semua dalam bahasa Belanda....:)
Elka merupakan suatu perusahaan penting dalam sejarah jam2 di Belanda, terutama mungkin sejak awal abad ke-20, memasok hampir ke seluruh fasilitas penting negara, bahkan menjadi langganan Ratu (HM-Her Majesty) Juliana.
Variant produknya sebenarnya beragam, dari kategori watch (jam kantong, jam tangan, dll) hingga kategori clock (jam dinding, jam kapal, dll) - menggunakan mesin2/movements terbaik, yg beberapa dari Swiss dan Jerman.   
Merek yg sangat jaraaanng...beredar dipasaran....begitu juga pada auction/pelelangan.  Tercatat, mungkin baru sekitar 2 kali dilelang di AAG (Amsterdan Auctioneers Glerum) yaitu pada tahun 2009 dan 2010. (maaf link sudah dihapus dari sananya)...

Terlihat sederhana.... suara tak-tik detiknya halus, digerakkan dengan balancer khas FHS....  Ada nada High-Low tiap setengah jam-nya.... lebih ke Ting-Tang...bukan Ding-Dong...jadi lebih halus tapi tajam... hasil ketukan ke 3 senar yg ada.
Casing kayu, sebagian dilapis untuk kesan lebih cantik.  Kondisi sedikit termakan usia pada bak/plat, tapi masih relatif utuh, komplit, bersih....dan sangat mudah beroperasi/peletakannya.  Tidak/belum populer dikoleksi, tp yg kondisi sehat pasti sangat dapat dinikmati, terutama karena suaranya lebih 'tenang'.
Harga jam pesanan khusus ini Sold, trims...