Blog Utama

Contact: Mak Iyen, di: Mak-Iyen.blogspot.com
"Bagian Seni dari Jual Beli adalah Tawar Menawar... Jika Anda Punya waktu Luang, dan benar2 ingin dapatkan harga Terbaik, jangan sungkan Menawar Bebas.....:). Salam dari Mak...." 0877 8891 8080

Sabtu, 03 November 2018

Jam Meja Belanda "WUBA" by J.A.Warmink "John Thomas of London" - 2 lubang - Oak/Eken T27cm 1950an

Jam meja yang tidak besar sebenarnya...tapi di antara macam2 jenis jam peninggalan Wuba, Warmink, jam ini paling populer diburu kolektor,  terutama dari Jepang.

Contoh suara 1:

Contoh Suara 2:

Pada balik tutup belang mesin ada tulisan "Wuba" dan JAW.  JAW adalah singkatan inisial dari pemilik pabrik jam merek Wuba - John A. Warmink.  Kegiatan John Warmink membuat jam, konon sudah dimulai sebelum abad ke 20. John Warmink mendirikan perusahaan pembuat jam merek WUBA pada tahun 1929.....dan berhenti/tutup tahun 1970. (Sumber:http://mb.nawcc.org/showthread.php?68255-Looking-for-Warmink-History ). Setelah menjalankan tradisi keluarga pembuat jam khas Belanda selama 75 tahun, pada akhirnya pabriknya ditutup, dan stok jam2nya dijual2in. ...jadi mungkin pas tahun 1970an harganya masih 'murah' ya..paling ga dibanding sekarang...:)

Keluarga Warmink tekun me-repro alias membuat ulang jam2 antik Belanda yg sudah ada sejak abad ke 17.  Melestarikan model2 khas Belanda di tengah macam2 produksi dari negara2 lain.  Jam antik Belanda memang mempunyai karakteristik yg unik...dan banyak yang cantik2... Ada beberapa produsen lain yang juga mengeluarkan beberapa edisi 'Belandanya', a.l. Tempus Fugit, Hermle, bahkan Kieninger, dll.

Pada plat jam, biasanya ada tertulis suatu nama.  Yang biasanya dipakai "Warmink", "John Warmink" untuk jam yang dijual langsung oleh perusahaan nya John Warmink.  Marka bisa juga nama2 lain yang merupakan rekanan...semisal rekanan di Inggris "John Smith of London" dan...."John Thomas of London".  Rekanan juga merupakan pembuat jam ternama dari negaranya...jadi jam Warmink juga dipasarkan untuk negara/customer tertentu dengan menggunakan marka selain Warmink pada platnya.
Jam yang semakin langka, atau semakin mahal harganya...

Harga  8.5 juta rupiah.