Blog Utama

Contact: Mak Iyen, di: Mak-Iyen.blogspot.com
"Bagian Seni dari Jual Beli adalah Tawar Menawar... Jika Anda Punya waktu Luang, dan benar2 ingin dapatkan harga Terbaik, jangan sungkan Menawar Bebas.....:). Salam dari Mak...." 0877 8891 8080

Senin, 09 Mei 2011

Vintage Aikosha Clock - Jepang (Sold, trims...)

Aikosha, Seiko, Seikosha.... semuanya merek Jepang.... dan semuanya berhubungan...:)
Seikosha merupakan cikal bakal Seiko Group. Awalnya, pada tahun 1881, Kintarō Hattori membuka toko jam dan perhiasan di Ginza, Tokyo-Jepang. Tahun 1892, beliau memulai produksi jam sendiri, dengan brand 'Seikosha'. Baru pada tahun 1924, brand 'Seiko' diluncurkan.
Aikosha didirikan pada tahun 1934.  Pada bulan September 1964, Kyowa Mfg Company didirikan oleh Aikosha Clock Mfg. Co sebagai wujud kerjasama/joint venture antara Seikosha dan Aikosha.  Pada awalnya, Kyowa berfungsi sebagai assembler jam2 Seikosha dan kemudian bahkan memasok parts (movements) untuk Seikosha. Seiring dengan itu, Aikosha juga mengeluarkan produk, termasuk jam (jam dinding=clock) dengan mereknya sendiri.  Pada tahun 1989, perusahaan Aikosha berhenti memproduksi jam dengan brand sendiri.  Jadi jam Seiko dan Aikosha tahun 1964-1989 akan mempunyai banyak kesamaan, terutama di bagian dalam/mesin.  Jumlah jam Aikosha tentu tidak sebanyak Seiko, yg sudah beroperasi lebih dulu dan berkali2 menjadi jam resmi even2 besar di Jepang.  Karenanya, menemukan satu jam Aikosha cantik dalam kondisi yang sangat baik sangatlah menyenangkan....:)
Kondisi utuh, mulus.  Bukan cacat pada box samping, setelah diperhatikan seksama, memang ternyata jam ini 'korban' proyek renovasi rumah, jadi ada belepetan cat di samping, dan sebenarnya ada bintik2 cat halus pada kaca luar.... Semua silahkan dibersihkan sendiri...:)
Cukup nornal, jalan jam dan dentangan nya, jam tengahan, 2 lubang, jadi tiap jarum menit di angka "6" berbunyi sekali, dan berbunyi lagi tiap jarum menit di angka "12" sesuai jam berapa.  Tidak ada melody lagu...siapa tahu ada yg nanya....:) 
Berbagi tips buat pemula seperti saya, pastikan bagian belakang rata tembok.  Pada tembok2 keras, biasanya digunakan hook khusus, karenanya suka ada jarak bbrp mili ke tembok.  Pada bagian belakang box, di bawah, ada besi kecil adjustment di bagian bawah untuk memastikan jarak sisi belakang atas/bawah sama.  Dan pastikan ujung bandul bawah pas di bagian tengah.  Setelah itu lubang diputar ke arah yg seharusnya dengan kunci yg tersedia, satu lubang untuk jam, lubang satu lagi untuk suara.  Beres deh...siap djadoel2an secara cantik tapi masih terjangkau...:)  Buat yg sudah ahli, boleh menambahkan tips supaya ketakutan2 seperti yg saya alami dulu2 dengan jam2 pendulum djadoel bisa diatasi.... dan supaya kita tetap semangat merawat dan memanfaatkan jam2 antik dan djadoel yg masih ketemu di negara kita.
Harga Sold, trims...
Sumber2: 
  1. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.nagoya-cci.or.jp/mono/aikosha_e.html&ei=xM7HTZ-4DYfyrQffhZHUBA&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=3&ved=0CDIQ7gEwAg&prev=/search%3Fq%3Daikosha%2Bprecision%26hl%3Did%26biw%3D1280%26bih%3D525%26prmd%3Divns 
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Seikosha 
  3. http://mb.nawcc.org/showthread.php?t=19319
  4. dll